Langsung ke konten utama

Cara Menghilangkan Bengkak di Gusi


Sakit pada bagian mulut, terutama pada bagian gigi dan gusi memang tidak enak rasanya. Bukan hanya membuat kita kehilangan selera makan, rasa sakit pada gusi juga terkadang sampai menyebabkan demam, susah tidur dan tidak nyaman beraktivitas. Ada banyak sekali penyebab bengkak di gusi. Namun Anda tak perlu khawatir, masih banyak pula cara menghilangkan bengkak di gusi.

Gusi bengkak biasanya ditandai dengan rasa sakit yang berdenyut-denyut hingga menjalar ke bagian kepala, bahkan seringkali gusi bengkak terjadi akibat gigi yang sakit, baik karena infeksi maupun karena penyebab lainnya. Sebelum Anda mencari cara menyembuhkan gusi yang bengkak, ada baiknya untuk mencari tahu terlebih dahulu apa penyebabnya.

Cara Menghilangkan Bengkak di Gusi Dengan atau Tanpa Obat

Kumur dengan air garam
Berkumur dengan segelas air hangat yang dicampur dengan garam adalah salah satu cara mengempeskan gusi bengkak tanpa obat. Meski terbilang kuno, namun cara ini terbilang cukup efektif. Garam memiliki sifat anti-bakterial yang dapat membantu membunuh bakteri penyebab infeksi dan gusi bengkak. Garam juga mengandung zat anti-inflamasi yang ampuh mengempeskan bengkak pada gusi.

Dengan  obat-obatan
Jika berkumur dengan air hangat dan garam tidak cukup membantu, Anda bisa menggunakan obat-obatan lain yang dijual bebas di toko atau apotik, yaitu obat-obatan analgesik seperti paracetamol, ibuprofen, aspirin, maupun asam mefenamat. Namun perlu diingat, penggunaan obat-obatan sintetis seperti ini terkadang memerlukan pengawasan dokter.
Selain itu, jika gusi bengkak tidak membaik setelah konsumsi obat selama 3 hari, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter gigi untuk mengetahui penyebab pasti terjadinya penyebab dan pengobatan gusi bengkak yang lebih tepat.

Konsumsi antibiotik
Terkadang, penyebab gusi bengkak adalah karena infeksi bakteri, oleh sebab itu biasanya dokter akan meresepkan antibiotik untuk meredakan gusi bengkak dan mengurangi rasa sakit pada gigi Anda. Ingat, untuk penggunaan antibiotik harus atas anjuran dokter dan harus benar-benar dihabiskan. Ini berguna untuk mencegah resistensi kuman terhadap antibiotik.

Gunakan baking soda
Cara alami mengobati gusi bengkak adalah dengan baking soda. Baking soda dipercaya dapat menetralisir tingkat keasaman dalam mulut sehingga dapat membantu meredakan inflamasi sekaligus mencegah kerusakan pada gigi. Larutkan baking soda secukupnya dengan air hangat hingga berbentuk seperti pasta, kemudian oleskan pada gigi atau gusi yang sakit. Diamkan sejenak lalu berkumurlah seperti biasa.

Gunakan minyak cengkeh
Minyak cengkeh adalah salah satu jenis minyak herbal yang dipercaya sedari dulu sebagai cara mengatasi gusi bengkak dan sakit gigi, terutama jika gigi Anda berlubang. Minyak cengkeh mengandung senyawa anti-bakteri sekaligus anti-inflamasi. Anda bisa menjumpai minyak cengkeh di toko-toko obat tradisional maupun di apotik-apotik.
Caranya pun cukup mudah, teteskan 3-4 kali minyak cengkeh pada kapas atau cotton bud kemudian tempelkan atau oleskan sebanyak beberapa kali pada gusi/gigi yang sakit.

Bersihkan gigi dengan baik dan benar
Gusi bengkak juga dapat terjadi akibat kesalahan dalam membersihkan gigi. Gunakan sikat gigi dengan bulu yang lembut dengan ujung yang tumpul. Gosoklah gigi Anda dengan benar, minimal 2 kali sehari. Bila perlu, gunakan obat kumur dan benang gigi untuk memastikan bahwa gigi Anda benar-benar bersih. Tujuannya untuk mencegah gusi bengkak kembali serta kerusakan pada gigi.
Selain dengan cara menghilangkan bengkak di gusi seperti yang sudah disebutkan di atas, mulailah atur pola makan Anda, hindari makanan yang terlalu asam, terlalu dingin atau terlalu panas untuk mencegah keluhan tersebut datang kembali.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Make Up Tutorial Makeover One Brand By Sari Endah

Make Up Tutorial Makeover One Brand By Sari Endah . Watch Make Up Tutorial Makeover One Brand By Sari Endah video for free Uploaded by Velove Annissa Taiwan. Watch time: 7:25 → Put FB Downloader Or CPA Offer Here Make Up Tutorial Makeover One Brand By Sari Endah snapshots South Indian bride.Gold Indian bridal jewelry.Temple ... Soft Halo Eye Makeup Tutorial | Anastasia Beverly Hills ... Rosie Huntington-Whiteley's #Beauty Secret - "This ... 5 Fantastic Ways To Wear Red Eyeshadow Cara Memakai Eyeliner-KOMPLIT!! | FunnyDog.TV Product of The Week - Sariayu Eyeshadow Palette - Kirei Makeup Festive Eye Make Up Tutorial

Cara Menghilangkan Karang Gigi yang Sudah Mengeras

Bagi Anda yang memiliki karang pada giginya mungkin bertanya-tanya mengenai cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras, bagaimana cara membersihkan karang gigi sendiri , atau bisakah menggunakan perontok karang gigi , dan berbagai pertanyaan untuk membuang karang gigi tersebut. Berikut ini akan dijelaskan beberapa cara yang bisa dilakukan. Beberapa Cara Membuang Karang Gigi Baking Soda untuk Karang Gigi Salah satu bahan makanan yang dikenal juga dengan Sodium Bicarbonate ini seringkali digunakan untuk pengembang kue. Namun perlu diketahui juga bahwa bahan ini ternyata ampuh untuk penghilang karang gigi . Alasannya adalah karena sifat basa yang dimiliki baking soda di mana bisa membantu untuk menetralkan pembusukan asam yang ada di dalam mulut. Cara untuk menggunakannya yaitu Anda bisa mengombinasikan satu sendok teh baking soda dengan setengah sendok teh garam. Kemudian aduklah kedua bahan tersebut dalam cangkir hingga rata. Selanjutnya oleskan lah bahan ters

EDAN! Kalau Suami Sering Mencium Bagian Ini Berarti Dia Sangat Mencintaimu

HPK Dalam menjalin hubungan rumah tangga, ciuman sering dilakukan oleh suami istri untuk mengekspresikan rasa sayang kepada pasangan. Berikut ini adalah beberapa makna ciuman di bagian tertentu : 1. Ciuman di kening Hal ini dilakukan untuk menunjukkan rasa kagum dan bangga. Ciuman ci kening juga kerap dilakukan untuk pemanasan dalam aksi romantis selanjutnya. 2. Ciuman di tangan Ciuman di tangan menunjukkan rasa ketertarikan terhadap seseorang. Jika istri sering melakukan ini berarti dia sangat mencintaimu. 3. Ciuman malaikat Ini adalah ciuman dimana suami melakukannya dengan lembut dan perlahan di bagian kelopak mata sembari pasangan memegang bagian wajah dan memandang mata dengan tatapan yang sangat dalam. Berbahagialah jika suami kamu sering melakukan ini karena dia sungguh mencintaimu. Suami kamu sering melakukan ciuman yang mana ? Klik Next Untuk Membaca.. 1 2 3